Dasar Pemrograman GDScript

Twitter Follow
Ditulis Oleh: Khori Muslim Okt, 2023
Aplikasi: X-Bootcamp Tim Xflash Bootcamp

Dasar Bahasa GDScript

Berikut adalah beberapa dasar-dasar GDScript:

Variabel dan Tipe Data:
Pemabahasan kali ini bahwa kita dapat mendefinisikan variabel dengan menggunakan kata kunci var.
Contoh: var player_score = 0.
GDScript memiliki beberapa tipe data dasar seperti int, float, String, bool, dan Vector2 yang dapat digunakan untuk mendeklarasikan tipe variabel.

Komentar:
Anda dapat menambahkan komentar dalam kode GDScript dengan menggunakan tanda #.
Contoh: # Ini adalah komentar.

Struktur Kode Dasar:
GDScript menggunakan indentasi untuk menentukan blok kode, mirip dengan Python. Blok kode biasanya dimulai dengan : dan diakhiri dengan indentasi yang lebih rendah. Contoh:

     if player_score > 10:
     print("Player score is greater than 10")
                                

RAJA HERBAL PERKASA

www.rumahterapi.co.id Kuat tahan lama keras & besar
Minyak Herbal yang Ampuh & Permanen

Fungsi:
Kita dapat mendefinisikan fungsi dengan menggunakan kata kunci func. Contoh:

    func calculate_score(score):
    return score * 2
     
Dalam hal ini kita dapat memanggil fungsi dengan nama fungsi diikuti oleh argumen dalam tanda kurung.

Percabangan:
Perihal ini bahwa kita dapat menggunakan struktur percabangan seperti if, elif, dan else untuk mengatur alur eksekusi kode berdasarkan kondisi tertentu. Contoh:

    if player_score > 10:
    print("Player score is greater than 10")
    elif player_score == 10:
    print("Player score is 10")
    else
    print("Player score is less than 10")
    

Array dan Dictionary:
GDScript mendukung array dan dictionary. Kita dapat membuat dan mengakses data dalam array dan dictionary.
Contoh array: var fruits = ["apple", "banana", "cherry"].
Contoh dictionary:

    var player_data = {"name": "John", "score": 100}.
                            

Method dan Properti Khusus:
Kita juga dapat mendefinisikan metode _ready() yang akan dijalankan saat sebuah node diinisialisasi, dan properti export untuk mengakses properti dari luar.

Ini hanya beberapa dasar-dasar GDScript. GDScript adalah bahasa yang cukup intuitif dan mudah dipelajari, terutama jika sudah akrab dengan Python atau bahasa pemrograman lainnya. Maka Kita dapat menggunakan dokumentasi resmi Godot untuk memahami lebih lanjut tentang GDScript dan bagaimana menggunakannya dalam pengembangan game.