Tentang Session PHP

Twitter Follow
Ditulis Oleh: Alfians Increms Okt, 2023
Aplikasi: X-Bootcamp Tim Xflash Bootcamp

Dalam Penulisan tentang Session

Dalam hal penulisan skrip php tentang session_start(); session_unset(); session_destroy(); Perlu diketahui bahwa session_start merupakan suatu fungsi memulai sebuah sesi (session), dan session_unset merupakan suatu fungsi penghapusan data pada sesi tersebut serta session_destroy merupakan suatu fungsi penghancuran sesi tersebut sehingga tidak dapat kembali ataupun di undo pada data sebelumnya.

Adapun dasar skripnya sebagai berikut :

                        <?php
                            // Mulai sesi
                            session_start();

                            // Hapus semua data sesi
                            session_unset();

                            // Hancurkan sesi
                             session_destroy();
                            ?>
                                 

LED BALIHO PORTABLE

Xflash Baliho Kerangka Led Baliho-Spanduk Portable
Tahan lama dan Mudah bongkar pasang

Dalam contoh di atas, merupakan suatu standar urut dalam penulisan yakni ; pertama-tama yang di panggil dahulu adalah : session_start() untuk memulai sesi PHP. Kemudian session_unset() untuk menghapus semua data yang tersimpan dalam sesi saat ini. Adapun yang terakhir adalah : session_destroy() untuk menghancurkan sesi sehingga data sesi tidak lagi tersedia.

Pastikan untuk memanggil session_start() sebelum memanggil session_unset() dan session_destroy(), karena sesi harus aktif sebelum dapat memanipulasi atau menghancurkannya. Maka session_start dapat dilakukan atau diletakkan di halaman utama atau dihalaman pertama seperti index.php dan diletakkan skripnya paling atas dan cukup satu kali penulisan saja, jika setiap halaman diberikan atau diletakkan atau ditulis session_start maka akan menerbitkan suatu warning seperti ini : Warning: session_start(): Session cannot be started after headers have already been sent

Pesan kesalahan "Warning: session_start(): Session cannot be started after headers have already been sent" muncul ketika Anda mencoba memulai sesi dengan session_start(), tetapi pada saat yang sama, output (seperti teks, HTML, atau header HTTP) telah dikirim ke browser pengguna. Sesi harus dimulai sebelum output apa pun dikirim ke browser. Hal ini biasanya terjadi ketika ada konten yang tidak perlu sebelum session_start() dalam skrip PHP, seperti spasi, karakter baris baru, atau teks. Ketika konten ini dikirim ke browser, sesi tidak dapat dimulai kembali, karena header HTTP sudah dikirim. Untuk menghindari pesan kesalahan ini, pastikan bahwa perintah session_start() adalah hal pertama yang dipanggil dalam skrip PHP Anda, sebelum output apa pun. Selain itu, pastikan tidak ada teks atau HTML di atas session_start(). Misalnya:

                        <?php
                        // Ini adalah tempat yang aman untuk memanggil session_start()
                        session_start();

                        // Sekarang dapat melanjutkan dengan skrip hingga tanpa masalah lagi.
                        // ...
                        ?>
                        

Pastikan juga tidak ada spasi atau karakter baris baru sebelum <?php dan setelah ?>, karena ini juga dapat menghasilkan output yang tidak disengaja.

X

X-Bootcamp

Skill Pemrograman

"Belajar Pemrograman dan membuat Projek yang siap guna serta dikembangkan"

Dari Dasar sampai Mahir